Efek Bola Kristal pada Corel Draw

Corel draw merupakan aplikasi berbasis vector yang sudah diakui di seluruh dunia karena kehebatannya dalam mengolah gambar. Biasanya desain yang dibuat melalui Corel Draw adalah desain untuk logo perusahaan, atau untuk membuat desain pada halaman web.


Pada tutorial kali ini, saya akan mengajak Saudara untuk mempelajari sedikit trik untuk membuat efek 3 dimensi melalui Corel Draw.


Corel draw yang saya gunakan adalah Corel Draw X3 atau versi ke 13.


1. Buka aplikasi Corel Draw melalui Start Menu >> All Programs >> CorelDRAW Graphics Suite X3 >> CorelDRAW X3. Atau melalui shortcut pada desktop juga boleh.


2. Pilih New pada splash sreen yang muncul untuk memulai project yang baru.

 

image


3. Kita akan dihadapkan pada layer kerja kita. Secara default, tool yang kita gunakan adalah pick tool berupa tanda panah (kursor) biasa. Selanjutnya pilih menu Layout >> Page Setup. Pilih papernya sesuai dengan keinginan anda. Misalnya A4. Sebelum menekan Ok, tekan sekali tombol Add Page Frame yang ada di sebelah bawah. Lalu klik Ok.


4. Pastikan anda telah memilih background yang ditandai dengan adanya kotak hitam kecil di sekeliling layar kerja kita. Sekarang mari kita arahkan kursor kita kearah toolbox yang ada di sebelah kiri dan memilih tool Fill Tool (kalau Corel Draw anda masih bagus, tool ini terletak pada baris kedua dari bawah, hehehe.. :-). Lalu pilih pilih Fountain Fill Dialogue pada kotak yang keluar.

 

image


5. Anda akan dihadapkan pada kotak dialog. Untuk permulaan, kita akan membuat dasar backgroundnya. Untuk type pilih radial. Untuk Color Blend plih two color. From dengan warna red dan To dengan warna Yellow.

 

image

 

6. Itu tadi cara membuat backgroundnya. Klik kanan pada background tadi, pilih Lock Object agar background tadi tidak berpindah-pindah. Sekarang kita akan membuat objeknya. Pilih Elipse Tool pada toolbox atau bisa dengan menekan F7 pada keyboard. Gambarlah sebuah lingkaran pada halaman kerja kita. Untuk mempermudah kerja kita untuk membuat objek berupa lingkaran, drag mouse sambil menekan tombol Ctrl pada keyboard atau sambil menekan tombol Shift jika ingin membuat objek dengan titik pusat di tengah.


7. Kita akan membuat warna lingkaran kita ini. Sama seperti cara tadi diatas, ganti warna nya melalui Fill Fountain Dialogue. Pastikan bahwa kita telah memilih objek lingkaran dengan pick tool. Kita tetap akan menggunakan kombinasi 2 warna. Saya akan menganti warnanya dengan warna From White To Red. Trus Mid Point nya diubah menjadi 25. Type Radial.

 

image


8. Untuk menghilangkan garis tepi pada lingkaran, klik kanan icon yang berlambang untitled pada Color Pallet yang ada di sebelah kanan.
Hasilnya sementara kira-kira seperti ini:

 

image


9. Sekarang buat pilih Elips Tool tadi dan buat objek berupa elips. Tempatkan kira-kira berada di bagian atas objek lingkaran. Buat gradasi warna melalui Fountain Fill Dialogue dengan warna From Red To White dan tipenya adalah Linear. Lalu Mid-Point diubah menjadi 35. lalu klik OK. Untuk menghilangkan garis tepi nya, klik kanan kembali pada icon untitled pada Color Pallete disebelah kanan.

 

image


10. Hasil akhirnya kira-kira seperti ini:

 

image


Anda bisa menambah kreasi anda dengan efek-efek lainnya yang lebih bagus dari ini.

 

image

 

Jadi intinya adalah, kita bisa mengatur kombinasi gradasi warna sehingga menimbulkan efek cahaya yang bagus. (Duken Marga Turnip)

Posted on 06.43 by Gus Putra Ismaulana and filed under | 0 Comments »

0 komentar:

Posting Komentar