Mencari Pengguna Tersembunyi

Ketika anda pertama kali masuk ke sistem operasi misalnya windows xp, pasti menjumpai dengan yang namanya LogOn screen. Di layar tersebut ditampilkan siapa saja user yang menggunakan komputer.
Jika anda melihat jumlah user yang ada di LogOn screen tersebut mungkin akan merasa tertipu, karena selain dari user-user yang ditampilkan di LogOn screen tersebut masih ada lagi user lainnya (hidden user).
Memang user tersebut tidak ditampilkan untuk menjaga keamanan dari sistem operasi tersebut. Nah bagaimana cara mengetahui apakah ada user lain yang bersifat hidden (tersembunyi)? Ikutilah trik berikut ini.
Trik yang satu ini pernah dimuat di Tabloid PCplus pada edisi 245 (15-28 November 2005) melalui rubrik trik.

Trik Mencari Pengguna Tersembunyi


Guna lebih memperdalam lebih lagi bagaimana pencarian pengguna tersembunyi, alangkah baiknya bila Anda mencoba program berikut ini. Silahkan simak dan ikuti tiap langkah-langkah yang ada.


Langkah 1:
Ketikkan kode-kode dibawah ini di Notepad lalu simpan dengan nama user.vbs di directory C. Jangan lupa untuk mengubah Save as type dari Text Document(*.txt) menjadi All Files. Ingat pada waktu pengetikan, Word Wrap harus dinonaktifkan.


komputer = createobject("wscript.network").computername
set group = getobject("WinNT://" & komputer & "/administrators,group")
data = ""
for each account in group.members
data = data & account.name & vbcrlf
next
msgbox "Pengguna Komputer Ini yaitu: " & _
vbcrlf & vbcrlf & data,,"XX Daftar Pengguna Komputer " & _
komputer & " XX"


Langkah 2:
Jalankan pada Command Prompt. Misal: ketik user lalu tekan Enter, atau dengan cara lain yaitu buka Windows Explorer lalu cari file user.vbs kemudian klik dua kali pada icon file tersebut untuk membukanya.

image
Maka hasil yang akan ditampilkan berupa messagebox yang menampilkan daftar para pengguna komputer anda. Jika pada messagebox tersebut tampil user yang belum pernah anda kenali atau buat berarti user tersebut bersifat hidden (tersembunyi). (Yonatan Prasdikatama)

Posted on 05.36 by Gus Putra Ismaulana and filed under | 0 Comments »

0 komentar:

Posting Komentar